Pelatihan Mentor Cara Berpikir Sistem

Pada tanggal 8 Juni 2014, KAIL menyelenggarakan pelatihan mentor untuk materi Cara Berpikir Sistem. Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan kader-kader mentor Cara Berpikir Sistem untuk mengisi pelatihan-pelatihan Cara Berpikir Sistem yang dilaksanakan secara rutin di Rumah KAIL. Pelatihan ini diikuti oleh sepuluh  orang alumni pelatihan Cara Berpikir Sistem, khususnya alumni tahun 2011-2014.

Pelatihan berlangsung selama satu hari dengan materi-materi sebagai berikut: review materi-materi dasar Cara Berpikir Sistem, seperti teknik perumusan indikator, pembuatan behavior overtime diagram (BOT) dan pembuatan causal loop diagram (CLD); tahapan proses fasilitasi pembuatan CLD dan tips-tips menangani berbagai macam karakter peserta. Dalam pelatihan ini peserta berkesempatan bekerja secara pribadi maupun berpasangan. Masing-masing pasangan saling memeriksa pekerjaan masing-masing sehingga mereka dapat memahami metodologi dengan lebih baik.

Selain memperkuat pemahaman teknis peserta, peserta juga mendapatkan pemahaman tentang aspek “mental” dan “psikologis” dalam proses mentoring. Selain itu, peserta juga mendapatkan cerita pengalaman-pengalaman mentor-mentor sebelumnya. Berkaca dari pengalaman tersebut, para peserta mendapatkan pemahaman dan penguatan bahwa mereka sebetulnya pasti bisa menjadi mentor. Jika ada kemauan di situ ada jalan.


Bertindak sebagai fasilitator, Any Sulistyowati dan Melly Amalia dari KAIL. Sebagai tindak lanjut dari pelatihan ini adalah sebagai berikut. Pertama, peserta saling membantu satu sama lain untuk saling memfasilitasi pengembangan organisasi dengan menggunakan Cara Berpikir Sistem. Kelompok yang mendaftar untuk mengikuti proses ini adalah GSSI yang dikoordinir oleh Ibu Tini dan KSK yang dikoordinir oleh Teteh Novi. Beberapa peserta yang lain akan terlibat sebagai relawan fasilitator dalam proses tersebut. Tindak lanjut yang kedua adalah terbentuknya klub Pengembangan Cara Berpikir Sistem untuk anak-anak. Mereka akan mengeksplorasi metodologi pengembangan Cara Berpikir Sistem agar dapat dipahami sejak sedini mungkin. Diharapkan melalui program ini, para peserta dapat membantu anak-anak berpikir holistik dan sistematis.