Ayo Buat Sendiri Produk Pembersihmu

Oleh: Tien Widiyaningrum

Seorang ibu rumah tangga mau tidak mau harus bersentuhan dengan berbagai produk pembersih setiap harinya. Mulai dari deterjen, sabun cuci piring, pasta gigi, cairan pel, dan lain sebagainya. Tapi tahukah Anda bahwa produk pembersih yang biasa kita beli di toko-toko terdekat itu tidak semuanya aman?

Produk-produk pembersih itu pada awalnya dibuat untuk memudahkan aktivitas harian. Namun banyak dari kita tidak menyadari bahanya dampak produk komersil berbasis bahan kimia, dari mulai efek jangka panjang bagi kesehatan keluarga dan pencemaran lingkungan akibat proses produksi dan limbah. Atas dasar itulah Botanina bekerjasama dengan Rumah Kail membuat workshop mengenai cara membuat produk pembersih rumah tangga dengan bahan dasar yang cukup mudah kita temui sehari-hari.

Workshop ini dilaksanakan di Rumah Kail pada hari Minggu, tanggal 8 Mei 2016. Acara dimulai sekitar pukul 10.00 hingga pukul 13.00. Workshop diikuti oleh 24 orang peserta dari berbagai daerah dan kalangan, mulai dari mahasiswa sampai ibu rumah tangga. Kali ini Olva dan Tina dari Botanina secara bergiliran menceritakan bagaimana caranya membuat pasta gigi, mouthwash, all purpose cleaner (versi cairan dan versi bubuk), pest & germ control, pembersih kayu, dan cairan pel. Tidak hanya itu, Olva dan Tina pun menjelaskan dengan rinci fungsi dari setiap bahan dasar yang digunakan dalam membuat produk-produk pembersih tersebut.


Antusias peserta cukup tinggi. Banyak dari mereka yang mengajukan berbagai pertanyaan menarik sehingga menghidupkan suasana di dalam workshop. Ada pula salah satu peserta yang anaknya sangat sensitif terhadap produk pembersih komersil sehingga dia begitu bersemangat dalam mengikuti workshop ini. Beberapa peserta workshop berharap mereka bisa mengetahui cara membuat sabun alami. Namun sayangnya karena proses pembuatan sabun cukup rumit dan panjang, Botanina tidak memberikan workshop tersebut. Mungkin di lain waktu Rumah Kail bisa punya kesempatan lagi mengadakan workshop khusus untuk membuat sabun alami bagi para peserta yang masih penasaran. Kita tunggu saja.

Tidak ada komentar: