Cara Berpikir Sistem Angkatan XXII

Pada tanggal 16 November 2014 yang lalu, KAIL menyelenggarakan pelatihan Cara Berpikir Sistem angkatan XXII di Rumah KAIL. Pelatihan ini diikuti oleh 16 orang peserta, empat orang di antaranya adalah staff KAIL dan sisanya dari berbagai organisasi, kampus dan perorangan di Bandung dan Jakarta.
Dalam pelatihan ini para peserta mendapatkan materi tentang Pentingnya Cara Berpikir Sistem dan berbagai metodologi serta tools yang digunakan dalam Cara Berpikir Sistem, yaitu: Behaviour Over Time Diagram (BOT), Causal Loop Diagram (CLD) dan Leverage Points. Peserta juga diberi kesempatan untuk mempraktekkan tools tersebut untuk isu-isu yang menjadi keprihatinan mereka di dalam kelompok.

Secara umum proses pelatihan berjalan lancar. Para peserta aktif bertanya dan berdiskusi baik di dalam kelompok maupun pleno. Semua peserta bersemangat mengikuti pelatihan ini.


Selain belajar di dalam kelas, para peserta juga diajak untuk memahami Cara Berpikir Sistem lewat berbagai permainan dan simulasi. Lewat pembelajaran interaktif ini diharapkan peserta dapat memahami kompleksitas permasalahan dengan lebih baik.













Pelatihan ini berlangsung selama satu hari dan dibawakan oleh Any Sulistyowati dan kawan relawan-relawan fasilitator kelompok, yaitu Anilawati Nurwakhidin dari YPBB, Alfred Virad Abidondifu dari Buku untuk Papua dan Teten Avianto dari System Dynamic House, Bandung.