[LIPUTAN] Bazaar meriahkan Peringatan HUT RI dan HUT KAIL 2017 di Rumah KAIL



Setiap bulan Agustus, KAIL merayakan ulang tahun sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan RI. Dalam kesempatan tersebut KAIL menyelenggarakan berbagai kegiatan yang berguna bagi masyarakat sekitar Rumah KAIL, khususnya warga Kampung Cigarugak. Melalui berbagai kegiatan tersebut diharapkan terjalin silaturahmi yang erat antara KAIL dengan warga, yang dapat berkontribusi positif terhadap pengembangan kampung Cigarugak. Salah satu kegiatan utama adalah bazaar untuk menyediakan kebutuhan anak-anak Kampung Cigarugak dengan harga yang terjangkau.
 

Bazaar ini merupakan kegiatan tahunan yang secara rutin dilakukan KAIL untuk warga Cigarugak sejak tahun 2014. Untuk tahun 2017 ini, bazaar diselenggarakan pada hari Sabtu siang, 26 Agustus 2017 dan mengangkat tema “Saling berbagi dan maju bersama dalam semangat persatuan Indonesia”. 


Sejak pukul dua siang anak-anak dan orang tua telah berkumpul untuk mengantri kupon bazaar. 
Dengan kupon tersebut mereka dapat membeli barang-barang yang mereka inginkan. Barang-barang pada bazaar ini adalah barang bekas dan baru hasil sumbangan dari berbagai pihak, yaitu: Playgroup-TK-SD Gagas Ceria, TK-SD-SMP Santo Yusup, Wanita Katolik Cabang Katedral Bandung, Penerbit Mizan serta sumbangan perorangan yang tidak dapat disebutkan namanya satu per satu. Untuk pengumpulan donasi, KAIL bekerja sama dengan Gagas Ceria, Santo Yusup dan Pustakalana sebagai titik pengumpulan barang-barang donasi dari para donatur.




Barang-barang yang dijual di dalam bazaar ini terutama adalah barang-barang bekas layak pakai yang dikumpulkan dari para donatur. Penggunaan barang bekas bertujuan untuk memperpanjang umur pakai barang, sehingga dapat berkontribusi pada pengurangan konsumsi barang baru. Pengurangan konsumsi akan mengurangi eksploitasi sumber daya alam dan mengurangi dampak lingkungan.



Kegiatan bazaar ini berlangsung di halaman, lantai bawah dan atas Rumah KAIL. Berbagai jenis barang dijual di bazaar ini. Ada perlengkapan sekolah seperti buku tulis, penghapus, pena, penggaris, pensil warna dan rautan. Ada juga seragam sekolah dan aneka baju anak-anak. Ada beragam mainan untuk anak-anak, mulai dari boneka berbagai ukuran, bola, karet, balok-balok kayu dan berbagai model mobil-mobilan. Di halaman Rumah KAIL tersedia barang-barang seperti baju anak-anak, buku bacaan, peralatan sekolah, mainan, sepatu, tas  dengan harga jual Rp 1.000,-. Sementara di lantai bawah tersedia barang-barang pakaian, buku, mainan, peralatan makan dan minum,  dengan harga Rp 5.000,- dan Rp 10.000,-; dan di lantai atas tersedia barang sama dengan yang di lantai bawah dengan harga Rp 2.000,- .

Pada kegiatan bazaar ini hadir dan memberi sambutan yaitu tokoh masyarakat yang mewakili warga Kampung Cigarugak, Bapak Mislah dan Kang Marna, Ketua Karang Taruna RW 12 Cigarugak. Dilanjutkan sambutan dari Koordinator Bazar Kail 2017 yaitu Melly Amalia. Selama bazar berlangsung, acara ini dipandu oleh duo pembawa acara yaitu Debby Yosephine dan Vanya Febriyantie.

Para relawan individu dan dari berbagai organisasi, termasuk Karang Taruna Cigarugak, berkontribusi besar dalam kegiatan bazaar ini mulai dari pengumpulan barang, memilah dan memberi harga, mengatur barang-barang di ruangan, melayani pembeli saat bazaar berlangsung dan membereskan kembali ruangan dan barang yang tersisa setelah kegiatan.

Sesuai dengan tema kegiatan, melalui proses ini, diharapkan terjalin silaturahmi antara mereka yang memiliki barang berlebih dengan mereka yang membutuhkan. Melalui kegiatan ini, relawan dan jaringan KAIL dapat berkontribusi untuk mendorong proses berbagi dan maju bersama untuk kualitas kehidupan yang lebih baik. Seluruh hasil penjualan bazaar akan digunakan untuk mendanai kegiatan anak di Cigarugak di Rumah KAIL tahun yang akan datang.



Acara bazaar ini dimeriahkan dengan door prize untuk anak-anak dengan hadiah berbagai barang menarik ditambah buku cerita untuk setiap anak yang terlibat. Selain itu dilakukan juga lelang barang-barang istimewa dari koleksi barang-barang donasi. Beberapa mainan anak usia balita juga didonasikan untuk Paud Cemerlang, yang juga berada di RW 12 Cigarugak.


 

Yang membuat kegiatan ini lebih meriah lagi adalah penampilan grup penyanyi dan musik dari Karang Taruna Cigarugak. Mereka menyanyikan lagu-lagu anak dan lagu bertema kemerdekaan Republik Indonesia untuk menghibur para pengunjung.  Penampilan yang tidak kalah menarik adalah dari Kang Adew (Ade Hermawan) yang menghibur pengunjung dengan lagu-lagu anak-anak dan lagu-lagu kebangsaan. Anak-anak Cigarugak turut diberi kesempatan untuk menyanyi bersama. Tersedia hadiah hiburan bagi anak-anak yang mau menyanyi di panggung.

Tidak terasa sore hari pun tiba. Semua pengunjung dan panitia sudah pulang ke rumah masing-masing. Anak-anak pulang dengan wajah bahagia karena telah mendapatkan barang-barang yang mereka perlukan.

Terima kasih untuk semua relawan yang terlibat.

Sampai jumpa di bazaar KAIL di tahun-tahun mendatang.


Selamat Ulang Tahun KAIL, Selamat Ulang Tahun Indonesia.

Tidak ada komentar: