Pelatihan Cara Berpikir Sistem IBEKA

Oleh: Pute

Pada tanggal 24 – 25 Mei 2016, KAIL diundang oleh IBEKA untuk mengisi materi Cara Berpikir Sistem. Pelatihan dilaksanakan di Panaruban dan mengisi hari ke-28 dan ke-29 peserta di camp dan diikuti oleh 85 peserta camp yang dilaksanakan oleh IBEKA. Selama dua hari, peserta mengikuti rangkaian materi Cara Berpikir Sistem yang diberikan oleh KAIL. Materi dibawakan secara bergantian oleh staf KAIL.

Pemberian materi mengenai Perilaku Sistem BOT oleh Melly Amalia

Diskusi dengan mentor kelompok mengenai materi

Peserta membuat kelompok dengan masing-masing kelompok berisi 14 – 15 orang. Di dalam kelompok, peserta diajak untuk menggambarkan visi berdasarkan studi kasus, dan dikenalkan dengan tools dalam cara berpikir sistem, seperti indikator, Behavior Over Time (BOT), Causal Loop Diagram (CLD), dan leverage points. Peserta juga diberikan materi mengenai logika sebab-akibat. Pemberian materi tidak hanya melalui presentasi oleh pemateri dan diskusi kelompok, tapi juga melalui permainan seperti segitiga idola dan living loop.

Antusiasme peserta dalam berdiskusi

Peserta menggambar visi dari studi kasus dalam satu kelompok

Indikator dan BOT dari salah satu kelompok

Permainan living loop

Semua peserta mengikuti pelatihan ini dengan antusias. Banyak muncul pertanyaan-pertanyaan dari benak peserta. Selama pelatihan pun diskusi-diskusi mengenai materi ini tergaung di seluruh penjuru aula masjid tempat pelatihan dilaksanakan. Dua hari tidaklah cukup untuk mendalami cara berpikir sistem. Diharapkan peserta dapat memanfaatkan cara berpikir sistem dengan baik.


Tidak ada komentar: