Mari Berpikir Sistem!

Oleh: Umiazh 

Permainan Segi tiga Idola
KAIL mengadakan pelatihan Cara Berpikir Sistem (CBS) pada Sabtu tanggal 4 Juni 2016 di Rumah KAIL. Acara dimulai pukul sembilan pagi dan berlangsung selama kurang lebih sembilan jam. Peserta pelatihan kali ini datang dari berbagai latar belakang, di antaranya Psikologi UNIBI, ASF-ID, Energi Persada, Sadagori, dan Lingkar Sastra ITB. Peserta mengikuti rangkaian materi CBS yang dibawakan secara bergantian oleh fasilitator KAIL.

Dalam pelatihan ini, peserta membuat kelompok berdasarkan latar belakang yang sama tersebut. Selanjutnya dalam kelompok, peserta dibimbing oleh tiap mentor untuk menggambarkan visi misi selama lima tahun ke depan berdasarkan organisasi mereka. Peserta dibantu dengan tools yang digunakan dalam CBS ini, seperti indikator, Behavior Over Time (BOT), Causal Loop Diagram (CLD), dan leverage points.

Causal Loop Diagram

Materi yang diberikan antara lain mengenai logika sebab-akibat, mengetahui indikator yang bisa diintervensi, lalu menyusun rencana strategi. Peserta juga melakukan permainan simulasi yang tentunya berkaitan dengan materi yang dipelajari. Salah satu permainan simulasi yang menarik ialah permainan idola. Permainan ini mensimulasikan tentang indikator-indikator yang saling memengaruhi dan loop yang ada, serta siapa saja yang bisa diintervensi untuk memberikan pengaruh ke dalam loop tersebut.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat menerapkan cara berpikir sistem tidak hanya dalam organisasi mereka, namun menerapkannya dalam segala aspek kehidupan.

Para Peserta dan Fasilitator


Tidak ada komentar: