Kenikir di Kebun KAIL

Oleh: Any Sulistyowati 

Pohon Kenikir
Pernahkah kalian makan urap? Urap adalah sejenis makanan yang terdiri dari berbagai sayur mayur yang diberi parutan kelapa muda berbumbu. Nah, salah satu jenis sayur yang enak sekali dibuat urap adalah daun kenikir. Daun kenikir untuk urap ini bukanlah sembarang kenikir. Kenikir yang dimaksud adalah kenikir yang bunganya kecil-kecil dengan mahkota berwarna merah jambu di bagian luar dan putih di bagian tengahnya. Putiknya berwarna kuning jingga.

Selain untuk urap, kenikir juga memiliki fungsi yang lain. Tanaman ini juga sering ditanam sebagai pengusir serangga karena baunya yang khas. Jenis-jenis kenikir yang juga sering ditemukan adalah yang bunganya berwarna jingga dan kuning. Bunga kenikir jenis ini tidak dimakan daunnya.

Cara menanam kenikir mudah sekali. Bunganya yang sudah tua akan menghasilkan biji. Biji-biji yang kering akan jatuh di tanah dan tumbuh menjadi pohon kenikir baru. Di Kebun KAIL, sudah banyak kenikir-kenikir baru yang tumbuh dari biji-biji yang berjatuhan dari pohon kenikir yang pertama.

Tidak ada komentar: