[LIPUTAN] Klub Cara Berpikir Sistem 28 Februari 2018 dengan Tema Pangan

Cara Berpikir Sistem adalah sebuah keterampilan. Sedangkan Pelatihan Cara Berpikir Sistem yang rutin dilakukan oleh KAIL antara lain merupakan 'pintu masuk' dalam memahami sistem kompleks lebih lanjut. Itu pun dipelajari dengan metode Cara Berpikir Sistem yang spesifik.

Seperti hal keterampilan lain, agar mahir dia perlu diasah. Dari latar belakang tersebut, KAIL menyelenggarakan Klub Cara Berpikir Sistem (CBS) yang perdana diadakan pada tanggal 28 Februari 2018 . Bertempat di rumah KAIL, Klub CBS pertama ini dihadiri oleh 8 orang peserta dari berbagai angkatan pelatihan. Mereka yang hadir adalah: Dimas Adiyuga; Ishlah Zulqarnain, Fajar Arif, Dania Sundari, Dwi Yulianto, dan Inas Nabilah.


Sedangkan dari KAIL, berperan sebagia fasilitator adalah Kukuh Samudra, Fransiska Damarratri, dan Debby Josephine. Sementara Didit Indriati berperan sebagai petugas konsumsi. Kegiatan ini juga tidak akan berjalan dengan lancar tanpa kontribusi Ummi Azizah selaku relawan foto.

Alur dari pertemuan Klub CBS ini adalah sharing dari peserta klub mengenai isu tertentu. Setelah itu, peserta berlatih membuat diagram sebab-akibat (causal loop diagram/CLD) dari kasus hasil diskusi sebelumnya. Kali ini untuk membuat diagram sebab-akibat, peserta dibantu dengan perangkat lunak Vensim versi gratis.

Perangkat lunak Vensim sebetulnya sudah cukup populer di kalangan modeller System Dynamics. Namun penggunaan Vensim di kegiatan CBS KAIL, dalam tahap awal pembelajaran, adalah untuk mempermudah menggambarkan CLD dan menganalisa sebab-akibat serta loops.



Tema isu yang telah ditentukan hari itu adalah “pangan”. Peserta berbagi pengetahuan serta pengalaman mengenai isu pangan yang pernah dihadapi atau diketahui. Topik diskusi berjalan hangat dengan beragam topik; mulai dari masalah preferensi anak muda untuk bertani hingga pemasaran produk organik.

Agar belajar lebih efektif, peserta dibagi menjadi dua kelompok. Hasil CLD dua kelompok tersebut sebagai berikut:

Hasil kelompok 1

Hasil kelompok 2

Klub CBS dimulai perdana di tahun 2018 ini dan akan terus dikembangkan format dan programnya. KAIL mengharapkan rekan-rekan alumni CBS untuk turut ambil bagian dan berbagi ide, pengetahuan, dan pengalaman dalam klub ini. Klub CBS memang didesain agar dapat menjadi wadah alumni CBS untuk saling belajar dan berbagi. Dimulai dari konsumsi, para peserta diajak untuk juga berbagi konsumsi yang diupayakan tidak menghasilkan sampah.

Tidak ada komentar: