Lokakarya Self Healing untuk Staff dan Relawan KAIL

Fransiska Damarratri & Any Sulistyowati 

Pada tanggal 4-5 Februari 2017 yang lalu KAIL menyelenggarakan lokakarya self healing untuk para staff dan relawan KAIL. Lokakarya tersebut diselenggarakan di Rumah KAIL, pada hari Sabtu, 4 Februari 2017 pukul 09.00 pagi sampai hari Minggu, 5 Februari 2017, pukul 14.00 sore. Pelatihan ini dihadiri oleh 19 peserta yang terdiri dari 4 staff dan 15 orang relawan KAIL. Mereka terdiri dari 6 laki-laki dan 13 perempuan. Sejumlah 6 relawan pendukung kegiatan pun hadir dan membantu penyelenggaraan. Peserta sangat bersemangat mengikuti seluruh proses pelatihan ini. Mereka menyimak setiap penjelasan, mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan mempraktekkan berbagai metode self healing yang diajarkan dengan sungguh-sungguh.



 
Bertindak sebagai tim trainer dan fasilitator adalah Intan Darmawati (Hunk) dan Alvieni Angelica (Alvie). Selama lokakarya ini mereka memperkenalkan berbagai teknik self healing dari berbagai penjuru dunia yang dikembangkan oleh Capacitar International, sebuah organisasi internasional yang didirikan oleh Patricia Mathes Cane, PhD dan berjejaring di 40 lebih negara. Capacitar berfokus pada pemberdayaan dan solidaritas melalui penyembuhan bagi sesama kita yang menjadi korban perang, kekerasan, kemiskinan maupun bencana.






Metode-metode yang diajarkan selama self healing ini antara lain adalah (1) Tai Chi, (2) Salute to the Sun, (3) Berbagai teknik pemijatan seperti drum massage dan head-neck-shoulder release, (4) Pal Dan Gum, (5) Pain Drain untuk menghilangkan rasa sakit, (6) Polaritas untuk recharging diri, (7) Fingerholds untuk mengelola emosi, (8) Orhiba dari Indonesia, (9) Leadership Dance, (10) Latihan Pernapasan, hingga (11) The Holds. Setelah sesi sore berakhir di hari Sabtu, para peserta mengikuti ramah tamah dengan menghangatkan diri di api unggun sambil menikmati jagung bakar dan bir pletok hangat. Mereka dapat bertukar informasi dan pengalaman agar lebih saling mengenal satu sama lain.



Lokakarya ini dapat terlaksana dengan dukungan para relawan pendukung kegiatan, di antaranya para relawan notulen, foto, video, logistik dan konsumsi. Akhir kata, terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi untuk keberhasilan lokakarya ini.



***

Tidak ada komentar: