[LIPUTAN] Hari Belajar Anak 25 Maret 2018


Kegiatan Hari Belajar Anak (HBA) diadakan pada tanggal 25 Maret 2018 di Rumah Kail, dengan tema salah satu kebutuhan dasar manusia, yaitu pangan. Sesuai dengan temanya, kegiatan HBA pada hari itu adalah membuat Asinan Bogor.

Foto bersama

Kegiatan dihadiri oleh sebanyak 16 (enam belas) anak warga Cigarugak. Para peserta didampingi oleh para pendamping, yaitu Siska, Didit, dan Ayu. Narasumber yang berbagi keterampilan memasak tersebut adalah Debby.

Berolahraga pagi

Kegiatan pembukaan diisi dengan pendaftaran peserta, mengukur berat dan tinggi badan masing-masing, dan berolahraga pagi. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan cerita Asinan Bogor.

Setelah mendengarkan cerita, anak diajak untuk membuat Asinan Bogor. Langkah pertama adalah merebus air untuk menjadi kuah asinan. Sambil menunggu air matang, adik memotong buah dan sayuran, seperti nanas, kedondong, jambu air, bengkuang, mentimun, dan wortel. Selesai memotong buah dan sayur, anak diajak untuk melihat cara membuat kuah asinan dengan cara memasukkan garam, gula, dan potongan cabai (sudah diambil bijinya) ke dalam air yang baru mendidih dan mengaduknya sampai rasanya dirasa pas.

  

  


Langkah-langkah membuat asinan Bogor

Kemudian, kuah asinan disiramkan pada potongan buah dan sayur sehingga jadilah Asinan Bogor yang dinikmati bersama-sama. Sisa Asinan Bogor dibawa pulang oleh peserta dengan menggunakan tempat bekal yang mereka bawa sendiri. 

Kegiatan hari ini diakhiri dengan mengisi jurnal jejak waktu pribadi dan menghitung bersama kontribusi peserta pada hari itu, yaitu sejumlah Rp 30.000,- (tiga puluh ribu rupiah), yang akan digunakan untuk membiayai kegiatan HBA berikutnya.

Tidak ada komentar: