Petualangan Menuju Kerajaan Jamur Tiram

Oleh: Navita Kristi

Cuaca cerah di pagi hari Minggu, tanggal 25 Oktober 2015 sangat mendukung pelaksanaan kegiatan Hari Belajar Anak di Rumah Kail. Tema belajar hari ini adalah “Petualangan Menuju Kerajaan Jamur Tiram”. Seru sekali, lho!

Kegiatan belajar anak-anak dimulai pada pukul 10 pagi. Menjelang dimulainya kegiatan, anak-anak mulai berdatangan ke Rumah Kail, baik anak-anak warga sekitar Cigarugak maupun yang datang dari luar Cigarugak. Mereka menunggu dimulainya kegiatan Hari Belajar Anak dengan membaca buku di perpustakaan anak Kail. Ada juga yang mengambil kertas dan pensil dan menggambar apapun yang mereka sukai sembari menunggu dimulainya kegiatan.

Pukul 10, kegiatan dimulai dengan dongeng yang dibawakan oleh Kak Deta, yaitu tentang Jack dan Pohon Buncis. Dongeng yang dibawakannya sangat seru, sehingga anak-anak menjadi terpukau oleh dongeng yang dibawakannya.




Setelah dongeng yang dibawakan oleh Kak Deta selesai, maka masuklah kepada inti acara, yang dibawakan oleh Kak Debby dan dua relawan dari Grow School Bandung. Pertama-tama, Kak Debby mengajak anak-anak untuk bermain menjadi penjelajah hutan dan jamur-jamur kecil yang pemalu. Anak-anak dibagi ke dalam kelompok penjelajah, kelompok anak jamur berwarna pink, kuning dan biru.

Dari permainan tersebut, anak-anak yang menjadi peserta HBA kemudian terbagi ke dalam kelompok penjelajah, kelompok jamur pink, jamur kuning dan jamur putih.
Setelah kelompok terbagi, anak-anak diajak untuk mengenal bagian tubuh jamur tiram. Mereka diberi kesempatan untuk memegang jamur tiram, membelahnya dan memperhatikan letak sporanya dengan cara membuat jejak spora jamur tiram. Kemudian, mereka diberi kesempatan untuk menggambar jamur tiram di kertas berwarna-warni dan menempelkannya di kertas besar Kerajaan Jamur Tiram.






Terakhir, setelah anak-anak puas bermain dan mengenal kerajaan jamur tiram, Kak Debby membagikan beberapa kotak berisi bibit jamur tiram yang siap dibudidayakan di media tumbuh yang sudah disiapkan. Anak-anak hanya perlu mengiris lapisan plastik pembungkus media tumbuh tersebut dan menyiramnya dengan alat siram yang sudah disediakan, selama dua kali sehari. Ternyata mudah saja!

Anak-anak peserta Hari Belajar Anak hari ini pulang dengan semangat membudidayakan jamur tiram yang bergizi dan sehat. Terima kasih, Kak Debby! Terima kasih kakak-kakak dari Grow School Bandung! Terima kasih, Growbox!


Tidak ada komentar: