Mengelola Uang, Mengelola Kehidupan



Tema utama Hari Belajar KAIL edisi Oktober adalah Manajemen Keuangan Pribadi yang dibawakan oleh Any Sulistyowati kepada 8 orang hadirin. Kegiatan dibuat dalam bentuk lokakarya di mana selain ada presentasi materi, para peserta juga diajak untuk mengevaluasi keuangan pribadi atau rumah tangganya. Manajemen keuangan mengajak para peserta untuk menyadari bagaimana pola konsumsi mereka, apakah setiap hal yang dikonsumsi benar-benar penting untuk dikonsumsi ataukah masih bisa dihilangkan ataupun diganti pada bentuk yang lebih murah?
Para peserta mengisi sebuah formulir yang dibuat oleh Tim KAIL, isinya antara lain mendaftar item-item konsumsi yang dilakukan secara rutin. Item-item tersebut kemudian dikategorikan ke dalam beberapa aspek yang didasarkan pada teori Maslow tentang kebutuhan :
A= Dasar
B= Sosial
C= Hiburan
D= Investasi
E= Lainnya

Dari sini, para peserta diajak untuk melihat tentang penggunaan uang dalam kehidupan sehari-hari. Apakah semua kebutuhan tersebut harus dipenuhi dengan uang? Manakah di antara kebutuhan-kebutuhan tersebut yang dapat dipenuhi tanpa menggunakan uang? Kemudian, para peserta diajak untuk mencari alternatif untuk melepaskan ketergantungan dari uang, sembari mempertimbangkan tentang hubungan antar manusia dan alam.
Bertempat di Urban Center YPBB, Jl. Sidomulyo no.21, HBK 25 Oktober ditutup pada pukul 17.15 WIB oleh Melly Amalia selaku koordinator kegiatan.