[LIPUTAN] Hari Belajar Anak 17 Maret 2019: Bermain Ular Tangga Kebun Kail

Pada hari Minggu pagi, tanggal 17 Maret 2019, lima belas anak Kampung Cigarugak berkumpul di Rumah KAIL untuk mengikuti Hari Belajar Anak (HBA). Pada kegiatan HBA kali ini, anak-anak diajak berkegiatan di Kebun KAIL. Kegiatan ini dipandu oleh Kak Melly Amalia, Kak Fransiska Damarratri, Kak Any Sulistyowati dan Kak Sally Anom Sari.

Pertama-tama, Kak Melly mengajak anak-anak berkumpul di labirin dan membuka kegiatan dengan olah raga bersama. Setelah itu, anak-anak dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok dipandu oleh Kak Siska dan satu kelompok oleh Kak Melly. Mereka kemudian diajak berkeliling Kebun KAIL untuk mengenal berbagai jenis tanaman yang ada di sana dan manfaatnya.


Mengenal jenis dan manfaat tanaman di Kebun KAIL bersama Kak Siska

 
Mengenal jenis dan manfaat tanaman di Kebun KAIL bersama Kak Melly 

Setelah berjalan-jalan di Kebun KAIL, anak-anak masuk ke kelas. Setiap anak duduk bersama kelompoknya masing-masing. Mereka kemudian menggambar tanaman yang tadi mereka lihat sewaktu berkeliling Kebun KAIL. Setelah selesai menggambar, mereka saling menceritakan gambar masing-masing di kelompoknya.

Menggambar tanaman yang dilihat di Kebun KAIL

Kumpulan hasil karya anak-anak

 
Berbagi gambar anak-anak

Setelah itu anak-anak dikelompokkan ulang menurut usia atau kelas sekolahnya. Anak-anak yang besar masuk ke kelompok Kak Siska, sementara anak-anak kecil ikut kelompok Kak Melly. Mereka kemudian bermain ular tangga Kebun KAIL di kelompok masing-masing. Permainan ular tangga Kebun KAIL ini mirip dengan permainan ular tangga biasa. Hanya saja, tangganya adalah pohon bunga sementara ularnya adalah sulur tanaman merambat. Ketika sampai di kotak berisi akar pohon atau pangkal tanaman sulur, anak-anak besar perlu menjawab pertanyaan seputar jenis-jenis tanaman yang ada di Kebun KAIL dan manfaatnya. Jika pertanyaan dapat dijawab, maka anak-anak dapat memanjat pohon atau tidak perlu menuruni sulur tanaman rambat. Sebaliknya apabila pertanyaan tidak dapat dijawab, maka mereka harus menuruni sulur tanaman rambat atau tidak bisa naik ke pohon. Untuk anak-anak kecil, mereka hanya perlu menyebutkan nama tanaman yang ada di dalam gambar dan kemudian Kak Melly menceritakan manfaat dari tanaman tersebut.

Bermain ular tangga Kebun KAIL di kelompok anak besar

 
Bermain ular tangga Kebun KAIL di kelompok anak kecil

Tidak terasa hari menjelang tengah hari. Anak-anakpun diajak menikmati snack sehat buatan Teh Ida, yaitu bolu wortel. Cara pembuatan kue bolu ini mirip seperti bolu kukus pandan yang dikonsumsi anak-anak pada Hari Belajar Anak bulan sebelumnya. Bedanya hanya air sari pandannya diganti dengan wortel yang diblender. Anak-anak sangat menikmati makan bolu wortel ini.

Bolu wortel

Anak-anak menikmati bolu wortel

Selesai makan kue, anak-anak diajak menghitung jumlah uang yang terkumpul untuk kegiatan HBA kali ini. Uang yang terkumpul akan digunakan untuk membeli bahan konsumsi untuk kegiatan HBA bulan April yang akan datang. Beberapa anak juga menceritakan secara singkat apa yang paling mereka sukai hari ini. Setelah selesai bercerita, acara ditutup dengan berfoto bersama.

Sampa jumpa lagi, anak-anak!



***

Tidak ada komentar: