Fish Bank untuk BKKBN


Atas undangan dari Maria Gayatri yang merupakan koordinator program pelatihan BKKBN, KAIL berkesempatan untuk memberikan materi Fishbanks kepada bapak ibu Kepala BKKBN Provinsi. Kegiatan ini diadakan di Bogor pada tanggal 23 Oktober 2012, pada pukul 13.30 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Para peserta yang terlibat dalam kegiatan ini berkisar 35 orang yang merupakan pimpinan BKKBN provinsi yang datang dari berbagai penjuru di Indonesia.

Any Sulistyowati sebagai fasilitator dalam simulasi permainan Fishbanks, terlebih dahulu menjelaskan tentang apa yang akan dilakukan oleh para peserta. Para peserta dibagi ke dalam 5 kelompok yang terbentuk melalui posisi duduk yang terbagi ke dalam 5 meja besar sehingga setiap kelompok memiliki 7 anggota. Para peserta kemudian diminta untuk membuat perusahaan penangkapan ikan lengkap dengan nama dan struktur perusahaannya. Lalu fasilitator menjelaskan tentang aturan permainan dan kemudian memberikan modal dalam jumlah yang sama kepada setiap perusahaan berupa kapal dan uang dalam bentuk elektronik. Setelah itu, para peserta diminta menyusun strategi penangkapan setiap tahun, termasuk pembagian peran setiap anggota kelompoknya dalam menyukseskan bisnis penangkapan ikan tersebut.

Simulasi permainan dibagi ke dalam 8 putaran, di mana masing-masing putaran, peserta akan memasukkan strategi penangkapannya ke dalam sebuah form yang memperlihatkan jumlah kapal yang disebarkan ke dalam areal penangkapan ikan. Angka di dalam form tersebut diinput ke dalam komputer untuk kemudian memberikan hasil dari strategi setiap perusahaan di setiap putaran. Untuk mengoperasikan software ini, David Ardes Setiady menjadi operator yang menginput data dari para peserta.

Suasana permainan berlangsung sangat ramai, di mana terjadi negosiasi jual beli kapal di antara perusahaan dan juga perebutan kapal di saat pelelangan yang dilakukan oleh fasilitator. Bahkan, sempat terjadi sengketa bisnis di antara 2 perusahaan karena proses jual beli yang tidak menemukan kata sepakat. Sengketa kemudian diselesaikan dengan mengumpulkan perwakilan dari setiap perusahaan untuk memediasi proses negosiasi penyelesaiannya. Akhirnya pada putaran ke-8, permainan berhenti dan fasilitator memberikan debrief tentang permainan tersebut. Debrief mengangkat tentang daya dukung alam yang selama ini sering luput bahkan diabaikan oleh manusia.

Pukul 18.00 WIB, kegiatan Fishbanks selesai dan Tim KAIL yang beranggotakan Any Sulistyowati dan David Ardes Setiady bersiap untuk pulang ke Bandung esok harinya.
(David)

Tidak ada komentar: