[LIPUTAN] Hari Belajar Anak Bercocok Tanam - 19 November 2017

Bercocok Tanam, itulah tema Hari Belajar Anak (HBA) pada bulan ini, Minggu 19 November 2017. Kegiatan dimulai sekitar pukul 9 pagi, tetapi anak-anak sudah antusias dan datang lebih pagi, secara tertib dan antri mereka mengisi buku absensi kegiatan, Wow, ternyata hari ini yang datang ada 33 anak!

Kegiatan diawali dengan olahraga terlebih dahulu, yang dipandu oleh Kak Debby, dan dengan penuh semangat mereka mengikuti seluruh gerakan yang dicontohkan. Setelah berolahraga, anak-anak dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama yang usianya dibawah 8 tahun bersama Kak Rara dan kelompok kedua yang berumur lebih dewasa bersama Kak Debby. Setiap kelompok akan menuju kedua pos yang berbeda secara bergantian, yaitu pos media tanam dan pos regrow.

Anak-anak usia kecil menuju pos media tanam terlebih dulu, dan anak-anak yang berusia lebih dewasa di pos regrow. Di pos media tanam mereka dijelaskan media tanam apa saja yang diperlukan untuk menanan. Penjaga pos ini adalah Pak Enjang, yang mengurus kebun di Rumah Kail. Pak Enjang menjelaskan bahwa harus ada campuran antara tanah, pupuk kandang dan sekam, ini akan menjadi perpaduan yang pas untuk menanam. Anak-anak diminta untuk merasakan tekstur dari masing-masing, awalnya ada keraguan, karena mereka harus memegang tanah atau kotoran kambing.

Anak-anak mendapatkan masing-masing satu plastik sebagai polybag dan mereka mengisinya dengan campuran tanah, pupuk kandang dan sekam. Anak-anak juga bebas memilih tanaman apa yang akan ditanam, ada yang memilih bayam merah atau gingseng. Selain menanam di polybag anak-anak juga diminta menanam di salah satu bed kebun Kail.

Di Pos regrow, penjaga posnya adalah Kak Deta, di sini dijelaskan tenatang media tanam yang lain, yaitu menggunakan air. Ternyata ada yang biasanya dianggap sebagai sampah dapur tetapi masih dapat ditumbuhkan kembali dengan cara menumbuhkan akar pada media kemasan gelas yang telah diisi air. Anak-anak diminta memilih salah satu tanamannya, yaitu Sawi HIjau, Daun Bawang, Seledri dan Sereh.  Setelah memilih tanaman, anak-anak dibagikan masing-masing satu kemasan gelas, mereka mengisi dengan air, cukup sedikit air saja tidak perlu sampai penuh terisi. Tanaman-tanaman yang sudah dipilih tadi dipotong bagian yang mendekati akar, kemudian dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air. Anak-anak diminta memberi nama masing-masing tanaman dan berjanji untuk merawat serta memindahkan ke media tanam tanah setelah hari keempat.

Dua pos telah dilewati, tiba saatnya menyantap hidangan yang telah disediakan. Setelah mencuci tangan, secara bergiliran mereka mengambil kue dan minum untuk disantap bersama-sama. Senangnya hari ini bisa bercoocok tanam sendiri. Anak-anak diminta merawat dan menjaga tanaman yang tadi ditanam, karena akan dibawa di kegiatan HBA bulan depan yang bertema memasak.



Tidak ada komentar: