[LIPUTAN] Hari Belajar Anak: Aku Berani Mencoba - 23 April 2017


Kegiatan Hari Belajar Anak (HBA) bulan April diadakan pada tanggal 23 April 2017 di Rumah Kail, dengan tema Hore! Aku Bisa. Sesuai dengan temanya, kegiatan HBA pada hari itu adalah melakukan percobaan IPA. Ada 4 percobaan IPA yang akan dilakukan pada hari itu.

Kegiatan dihadiri oleh sebanyak 9 (sembilan) anak warga Cigarugak. Jumlah yang hadir kurang dari biasanya, disebabkan adanya anak yang merayakan ulang tahun di Desa Cigarugak. Para peserta didampingi oleh para kakak relawan Kail, yaitu Novi, Tira, Inas, Vani, dan Siska. Bergabung juga kakak-kakak relawan dari remaja Cigarugak mendampingi para adik, yaitu Rani, Titin, dan Anto. Narasumber yang berbagi keterampilan percobaan IPA kali ini adalah adalah Kak Inas, Kak Tira, dan Kak Debby.

Kegiatan pembukaan diisi dengan pendaftaran peserta dan berolahraga pagi. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian kelompok.

Pos pertama diisi dengan percobaan membuat lampu lava dengan mencampurkan soda kue, cuka, minyak, dan pewarna makanan ke dalam gelas bening.

Pos kedua diisi dengan membuat balon karet terisi udara tanpa meniupnya yaitu dengan cara menaruh soda kue di dalam balon karet, kemudian isi cuka ke dalam botol yang ujungnya dapat dihubungkan dengan ujung balon. Setelah ujung botol dan balon terhubung, perlahan soda kue akan jatuh kedalam botol berisi cuka yang efeknya balon terisi udara.

Pos ketiga adalah lomba pesawat kertas yang didorong dengan udara dari sebuah balon pada lintasan tali.

Pos keempat diisi dengan membuat pelontar dari stik es.

Kegiatan ini diakhiri dengan mengisi jurnal pribadi, mengukur tinggi dan berat badan masing-masing dan menghitung bersama kontribusi peserta pada hari itu, yaitu sejumlah Rp 18.000,- (Delapan belas ribu rupiah), yang akan digunakan untuk membiayai kegiatan HBA berikutnya.





Tidak ada komentar: