[LIPUTAN] Hari Belajar Anak - 28 Februari 2016 - "Mengungkap Rahasia Terpendam di Rumah KAIL"

Pada hari Minggu, 28 Februari 2016, Hari Belajar Anak KAIL (HBA) datang lagi dengan Judul “Mengungkap Rahasia Terpendam di Rumah KAIL”. Yeay! Sangat seru! Apalagi ditambah adik yang lebih banyak daripada  bulan lalu yaitu, 27 orang adik gabungan dari adik-adik yang tinggal di sekitar maupun luar Rumah Kail di Kampung Cigarukgak, Desa Giri Mekar, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Pada kegiatan kali ini, adik-adik diberikan berbagai misi kemudian membuat Pop Up Rumah Kail versi adik. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan adik pada berbagai kehidupan lain yang tersimpan dari rumah Kail, seperti tumbuh-tumbuhan, hewan dan sampai kepada cerita Rumah Kayu KAIL yang terdiri dari berbagai jenis dan umur kayu. Kegiatan HBA kali ini dipandu oleh Kak Deta, Kak Debby, dan Kak Tera.

Tepat pukul 8.45 adik-adik sekitar Rumah KAIL sudah mulai berdatangan, mereka dengan mandiri mengisi buku hadir dan segala administrasi sendiri. Kemudian adik-adik yang datang dipersilahkan untuk masuk dan mengisi Jurnal yang telah dibuat bulan lalu ataupun membuat Buku Jurnal bagi adik yang berhalangan mengikuti kegiatan HBA di bulan Januari.

Setelah rangakaian sesi mengisi dan membuat buku Jurnal selesai, adik-adik diajak bermain dan bernyanyi oleh Kak Tera dan Kak Deta kemudian adik dibagi menjadi 2 kelompok sesuai dengan umur Adik.

Misi Pertama dibacakan oleh Kak Tera; “Aku adalah sebuah tempat yang berada di lantai atas rumah KAIL. Aku dapat membantumu melihat pemandangan belakang rumah Kail. Aku hanya dibatasi pagar kayu. Siapakah Aku?” Adik-adik pun berdiskusi untuk menemukan tempat tersebut, jawabannya adalah beranda Rumah Kail! Adik-adik dengan sigap menuju tempat tersebut dan melihat pemandangan belakang rumah KAIL, ada sawah, petani, bebek, sungai kecil, dan pohon-pohon. Semua pemandangan yang dilihat adik dituangkan menjadi gambar pada buku jurnal mereka masing-masing.

Pada salah satu kayu di beranda Rumah KAIL terdapat kartu misi selanjutnya yang membawa adik-adik menuju Perpustakaan KAIL dan membaca buku sesuai misi yang diberikan. Lalu adik beranjak pada misi berikutnya: “Kamu dapat menjelajahi semua bagian lantai atas KAIL. Raba semua tekstur yang kamu temui. Jiplak lah dengan menggunakan kertas dan crayon tekstur yang paling kamu sukai!” Wow! Adik-adik sangat menyukai misi ini, mereka berkali-kali menjiplak tekstur yang ada pada Rumah Kail, dari mulai kayu tiang, kayu meja, batu kamar mandi, lantai kayu, pintu ruangan, papan, dan masih banyak lagi tekstur yang dicoba oleh adik.

  


Misi pun dilanjutkan dengan mencari Peri Kebun! Wah, dimana yaa peri Kebun berada? Ternyata peri kebun berada di taman belakang Rumah KAIL. Peri Kebun menjaga kelangsungan tumbuhan dan hewan di kebun Rumah KAIL. Kemudian Peri Kebun mengajak adik-adik untuk berkeliling kebun dengan mencari bintang peri yang terselip disekitar kebun. Setiap bintang bertuliskan nama tanaman, dan adik ditantang untuk menemukan tanaman tersebut. Apakah kamu tau tanaman Cikur, Kunyit, dan Jahe seperti apa? Hihi, Peri Kebun senang sekali menceritakan dan menunjukkan tanaman-tanaman tersebut.
             



Setelah selesai menemui Peri Kebun, misi selanjutnya membawa adik untuk bertemu dengan Ibu Any. Ibu Any pun menceritakan jenis-jenis kayu yang ada pada Rumah KAIL:”Kayu pada lantai beranda merupakan kayu bekas kapal laut” begitulah salah satu cerita Ibu Any pada adik-adik. Adik-adik terkesima dengan info-info yang diberikan Ibu Any.


Adik-adik yang mengikuti kegiatan HBA kali ini akhirnya tahu rahasia apa saja yang tersimpan dalam Rumah KAIL dan kini saatnya mereka berkarya dengan membuat Pop Up Rumah KAIL versi mereka sendiri.

Kegiatan HBA KAIL pun berakhir setelah adik selesai menyantap snack dan mereka pun membawa hasil karya mereka pulang kerumah masing-masing. Terima kasih adik-adik dan kakak-kakak yang membantu! Sampai bertemu kegiatan HBA selanjutnya ya!

Tidak ada komentar: