PELATIHAN CARA BERPIKIR SISTEM: PENGEMBANGAN DIRI

Oleh: Debby Josephine


Pelatihan Cara Berpikir Sistem: Pengembangan Diri
Pada tanggal 13 Februari 2016 yang lalu, KAIL menyelenggarakan pelatihan Cara Berpikir Sistem dengan tema Pengembangan Diri, bertempat di Rumah KAIL, Kampung Cigarugak, Desa Giri Mekar, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Pelatihan ini diikuti oleh 19 orang peserta pelatihan dari berbagai organisasi, sekolah menengah, universitas, dan perorangan di Bandung dan Jakarta serta 4 staf KAIL yang mendampingi para peserta. Kegiatan pelatihan dibuka dengan perkenalan KAIL oleh Deta, dan dilanjutkan dengan materi cara berpikir sistem oleh Agustein dan Melly.
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para peserta bahwa berbagai persoalan di dunia ini terhubung satu dengan lainnya membentuk satu jalinan hubungan yang kompleks. Hal ini termasuk memperkenalkan para peserta akan materi cara berpikir sistem yang dapat mendukung pengembangan diri peserta dalam menghadapi persoalan-persoalan sosial dan lingkungan serta mencari penyelesaiannya dengan memperhitungkan dampak yang ditimbulkan secara jangka panjang.

Pendekatan yang dilakukan dimulai dari envisioning visi misi diri pribadi 5 tahun kedepan. Kemudian perkenalan berbagai metodologi serta tools yang digunakan dalam cara berpikir sistem, yaitu: Behaviour Over Time Diagram (BOT), Causal Loop Diagram (CLD) dan Leverage Points. Peserta diberi kesempatan untuk mempraktekkan tools tersebut menurut kondisi peserta.

Visioning visi misi pribadi 5 tahun kedepan
Secara keseluruhan proses pelatihan berjalan lancar. Para peserta aktif bertanya dan berdiskusi, bahkan rasanya waktu yang disediakan sangat kurang untuk mewadahi semua pendapat peserta. Semua peserta bersemangat dan mampu mengikuti seluruh rangkaian kegiatan hingga sore hari.


Selain belajar di dalam kelas, para peserta juga diajak untuk memahami cara berpikir sistem lewat berbagai permainan dan simulasi. Lewat pembelajaran interaktif ini diharapkan peserta dapat memandang dan memahami kompleksitas permasalahan dengan lebih baik.

Pembelajaran interaktif dengan berbagai permainan

Pelatihan ini berlangsung selama satu hari dan dibawakan secara bergantian oleh staf Kail; Agustein Okamita, Deta Ratna Kristanti, Melly Amalia, dan Any Sulistyowati.

Staf Kail dan Peserta Pelatihan Cara Berpikir Sistem


Tidak ada komentar: