Membuat Selai Strawberry

Ternyata, perlu tenaga juga, ya... untuk mengaduk saos strawberry dan perlahan berubah menjadi selai. Itu yang saya rasakan dan secara bergantian dengan teman-teman lain saat mengaduk olahan strawberry. Hari Belajar Kail tanggal 29 November 2013 ini dipandu oleh Yulia Nadya (Nana) dan mengambil tempat di Urban Center YPBB, jalan Sidomulyo No. 21 Bandung. 


Dengan bahan dan proses yang sangat sederhana, kita bisa membuat selai sendiri. Bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu rumit. Cukup menyiapkan bahan strawberry, jeruk nipis dan gula pasir. Perbandingan antara strawberry dan gula pasir adalah 1:1. Fungsi jeruk nipis adalah untuk menimbulkan kadar asam pada selai dan banyaknya disesuaikan dengan tingkat keasaman yang diinginkan. Proses pembuatannya, pertama strawberry dipotong kecil-kecil sehingga memudahkan untuk hancur. Lalu jeruk nipis diperas airnya dan kulitnya juga dipotong-kecil. Kedua bahan tersebut dimasukkan ke dalam panci dan ditambahkan gula pasir, lalu dimasak dalam api sedang. Sambil diaduk-aduk terus, sampai olahan strawberry mengental dan menyerupai selai. Setelah itu, api dimatikan dan selai didiamkan sebentar. Dan, selai strawberry pun siap disajikan.
 
Sengaja kami menyediakan lembaran roti untuk dioles selai strawberi dan langsung disantap. Yummi, sedaap! Kalian pun bisa mencobanya.