Mengenali Tubuh untuk Hidup Sehat Alami




Di jaman sekarang ini, kesehatan sering kali diidentikkan dengan minum obat ataupun pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan diri kepada dokter. Namun, Abdul Jalil mempromosikan hidup sehat secara alami dalam artian bisa dilakukan sendiri dan didasarkan pada prinsip-prinsip alam. Dengan menggabungkan ilmu pengobatan tradisional Cina, Mas Jalil (panggilan Abdul Jalil) mengajarkan bagaimana memeriksa kesehatan sendiri ataupun mencegah penyakit-penyakit. Prinsip yang diajarkan berkaitan dengan aliran energi yang disebut dengan “chi”, serta mengenal titik-titik meridian.

Secara alami, kita mampu untuk mengenali kondisi tubuh kita sendiri, apakah sedang dalam kondisi baik ataupun sedang kurang sehat. Bilamana kondisi tubuh sedang sakit, kita akan mengenalinya pula dalam bentuk, misalnya batuk, flu, demam, dsb. Itu mengartikan sedang terjadi ketidakseimbangan energi “chi” di dalam tubuh kita. Maka secara prinsip, yang dilakukan pada saat tubuh sedang sakit adalah menyeimbangkan kembali energinya.
Menurut Mas Jalil, ada 5 elemen yang dimiliki oleh setiap manusia, yaitu : air, api, kayu, logam, tanah. Kelima elemen tersebut terdapat pada organ-organ besar di tubuh kita, yang mengartikan bahwa organ-organ tersebut memiliki karakteristik yang mirip atau yang akan terkena dampaknya dari ketidakseimbangan energi. Di antaranya :
  • Kayu : hati dan kantung empedu
  • Api : jantung dan usus kecil
  • Tanah : lambung dan limpa
  • Logam : paru-paru dan usus besar
  • Air : ginjal dan kantung kencing.

Dijelaskan secara sederhana, bila kita banyak minum, maka kita akan sering kencing karena kantung kencing menjadi penuh. Atau bila kita kekurangan air, akan berdampak kepada ginjal. Organ-organ tersebut saling berhubungan, sehingga dampak yang dihasilkan tidak hanya ditujukan kepada organ tersebut saja, melainkan dirasakan pula oleh organ yang lainnya dalam sebuah rantai reaksi.


Dari penjelasan tentang elemen ini, Mas Jalil juga menjelaskan tentang karakteristik makanan dan pengaruhnya kepada tubuh kita. Kemudian juga ada penjelasan tentang kaitan emosi dengan organ tubuh pula. Bahwa makanan yang kita makan memiliki karakter seperti elemen-elemen tersebut.

Di akhir kegiatan, Mas Jalil mengingatkan bahwa apa yang disampaikan tidak memiliki maksud untuk mendiskreditkan rumah sakit ataupun dokter, namun justru mengupayakan pengelaborasian antara teknik pengobatan tradisional barat dan timur. Bahwa kesehatan sebetulnya harus diupayakan agar dapat diakses seluas-luasnya oleh orang banyak.

Acara seminar “Hidup Sehat Secara Alami” diadakan pada tanggal 15 Juni bertempat di Urban Center YPBB. Acara dimulai pada pukul 9.00 dan ditutup pada pukul 16.00 WIB oleh Melly Amalia. Acara diperpanjang sekitar 1 jam dari rencana semula yaitu pukul 15.00 atas permintaan para peserta yang antusias untuk mengetahui tentang kesehatan tubuh mereka.