Tim KAIL melatih Cara Berpikir Sistem di PT Divusi


Siang itu hari Kamis tanggal 6 Sepetember 2012, koordinator Kail, Any Sulistyowati beserta dua orang staf Kail yaitu David dan Selly bergegas menuju Jalan Kyai Gede Utama Nomor 12 Bandung untuk memenuhi janji akan memberikan pengantar Cara Berpikir Sistem dan Pengantar System Dynamic Modeling kepada para staf PT.Divusi, yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT.

Tiga orang staf Kail datang tepat waktu sesuai dengan yang dijanjikan yaitu pukul dua siang. Kami langsung diantar menuju ruang rapat yang sudah disediakan dan di-setting untuk pelatihan singkat ini. Sudah berkumpul beberapa orang staf PT. Divusi diantaranya Pak Eri sendiri, Erman, Giri, Husain, Ferdian, Faqih, Risa, Andika, dan Rian. Setelah perkenalan seperlunya, Mbak Any langsung masuk ke materi pertama Cara Berpikir Sistem yaitu pengertian tentang sistem, pengertian Cara Berpikir Sistem, kegunaan Cara Berpikir Sistem, Behaviour Over Time (BOT), dan Causal Loop Diagram (CLD). Selain itu digunakan beberapa simulasi Living Loop dan Leverage Point agar peserta lebih mudah dalam memahami materi. Materi yang biasanya diberikan untuk beberapa hari, kali ini hanya dibawakan dalam tiga jam saja. 

Setelah materi dasar Cara Berpikir Sistem di atas, kemudian penjelasan Mbak Any mulai masuk ke materi System Dynamic Modeling. Dimulai dengan bagaimana cara mengubah Causal Loop Diagram (CLD) menjadi diagram Stok dan Flow kemudian dilanjutkan dengan simulasi pembuatan model System Dynamic menggunakan software di komputer bernama Vensim. Pada sesi ini semua peserta terlihat tekun dan asyik dengan laptop-nya masing-masing. Logika dan permainan rumus matematika dasar dilatih kembali agar angka-angka yang dihasilkan di layar bisa sesuai. Akhirnya pelatihan singkat Kail bersama teman-teman dari PT Divusi diakhiri dengan sesi tanya-jawab peserta. Ternyata teman-teman dari PT Divusi termasuk peserta yang paling cepat memahami materi, terlihat dari pertanyaan-pertanyaan kritis yang mereka ajukan. Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore dan acara ditutup dengan ucapan terima kasih dari kedua belah pihak.

Tidak ada komentar: