[LIPUTAN] Hari Belajar Anak 21 Januari 2018

Kegiatan Hari Belajar Anak (HBA) diadakan pada tanggal 21 Januari 2018 di Rumah Kail, dengan tema kebutuhan dasar manusia. Sesuai dengan temanya, kegiatan HBA pada hari itu mengajak anak untuk memetakan kebutuhan atau keinginan mereka.

Kegiatan dihadiri oleh sebanyak 27 (dua puluh tujuh) anak warga Cigarugak. Para peserta didampingi oleh para pendamping, yaitu Debby Josephine, Fransiska M. Damarratri, Didit Indriati, Eugenia Rakhma, dan Hana Effendi.

Bermain polisi-polisian

Mengisi jurnal jejak waktu

Kegiatan pembukaan diisi dengan pendaftaran peserta dan bermain polisi-polisian. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan menambah lembar baru pada jurnal jejak waktu bagi peserta HBA lama, dan membuat buku jurnal untuk peserta HBA baru. Setelah itu, anak  mengukur berat dan tinggi badan masing-masing dan dicatat pada jurnal.

Kegiatan selanjutnya adalah membuat jalur kebutuhan diri dengan teknik kolase. Anak menggunting gambar yang mewakili diri dan kebutuhannya, ditempel pada buku jurnal jejak waktu, dan diberikan garis hubung.





Memetakan kebutuhan diri sendiri dengan kolase dari majalah bekas

Setelah selesai memetakan kebutuhan diri, kegiatan diakhiri dengan menghitung bersama kontribusi peserta pada hari itu, yaitu sejumlah Rp 65.000,- (Enam puluh lima ribu rupiah). Jumlah donasi dari relawan, yaitu sejumlah Rp. 30.000,- (Tiga puluh ribu rupiah) yang akan digunakan untuk membiayai kegiatan HBA berikutnya.

Tidak ada komentar: