Pendidikan Indonesia dan Visi ke Depannya

Pada 9 April 2016 yang lalu KAIL mengadakan pelatihan Cara Berpikir Sistem. Pelatihan ini diikuti oleh para aktivis pendidikan dan orang-orang yang peduli dengan pendidikan nasional. Pelatihan yang diselenggarakan di Rumah KAIL di kampung Cigarugak, desa Girimekar, kabupaten Bandung ini difasilitasi oleh Deta Ratna Kristanti, Melly Amalia, Agustein Okamita, dan Any Sulistyowati dari KAIL, dan Jessisca Fam dari YPBB. Selain fasilitator, ada beberapa orang relawan yang menjadi mentor kelompok yaitu Kukuh Samudra, Debby, dan Terra.


Workshop CBS kali ini mengambil tema tentang pendidikan. Di awal pelatihan para peserta mendapat penjelasan tentang definisi Cara Berpikir Sistem yang disampaikan oleh Deta. Setelah itu peserta diajak melakukan visioning ke depan mengenai sistem pendidikan oleh Melly Amalia.






Penyampaian topik-topik yang dibahas dalam pelatihan ini banyak dilakukan lewat permainan, seperti hubungan sebab akibat, CLD, dan leverage point. Melalui permainan, diharapkan para peserta dapat memahami dengan lebih mudah istilah-istilah yang digunakan dalam pelatihan ini, sehingga dapat membantu mereka dalam menggambarkan CLD dan melakukan intervensi sistem.




Pada akhir sesi para peserta diminta untuk membuat rencana aksi yang akan dilakukan di dalam organisasi masing-masing untuk kemajuan pendidikan Indonesia. Acara ditutup dengan foto bersama seluruh peserta dan fasilitator.




Tidak ada komentar: