HARI BELAJAR ANAK KAIL: Gelang Cina

Pada tanggal 22 Juni 2014 hari minggu lalu Rumah KAIL kembali diramaikan oleh kegiatan Hari Belajar Anak.  Ada yang istimewa dari agenda rutin KAIL tersebut, yaitu kedatangan tiga orang kawan dari Garage Sale Sekolah Ibu (GSSI). Mereka adalah Aghni sebagai pendiri GSSI, ditemani oleh Dyah dan Dhyta yang berbagi cara membuat gelang tali bersama anak-anak sekitar Kampung Cigarukgak. Acara tersebut berlangsung di siang hari.

Anak-anak di sekitar Cigarugak selalu antusias mengikuti acara Hari Belajar Anak. Tidak kurang dari 15 orang anak datang bersama-sama ke Rumah KAIL yang selalu disambut hangat oleh staf KAIL. Rangkaian acara dimulai dengan perkenalan nama masing-masing dan permainan mengasah keterampilan dan kekompakan peserta. Kemudian anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok lebih kecil, tujuannya agar anak yang lebih besar bisa membantu anak yang lebih kecil. Di sini mereka diasah kemampuan kerjasama dan saling menghargai. Kak Aghni dan Kak Dhyta dari GSSI menunjukan cara membuat gelang dari tali Cina di depan ruangan kemudian adik-adik peserta mengikutinya. Caranya cukup mudah dan tidak memerlukan alat, hanya membuat simpul-simpul menggunakan tangan kita sendiri. Baik peserta maupun kakak-kakak mentornya terlihat senang sekali ketika gelangnya telah jadi dan dikenakan semua.

Setelah itu Kak Dhyta mengajak adik-adik peserta menonton video tentang seorang anak dari Cina yang mempunyai kekurangan fisik yaitu tidak mempunyai kaki tetapi berhasil mewujudkan mimpinya menjadi atlet renang. Semua anak terkesima menonton video tersebut dan terdengar celoteh-celoteh polos khas mereka. Kak Dhyta menjelaskan dengan luwes dan sangat sabar agar adik-adik peserta mengerti makna dari video yang ditayangkan. “Kita harus percaya mimpi dan berusaha sekuat mungkin dan tidak mengeluh untuk meraih cita-cita”, kira-kira seperti itu yang disampaikan Kakak berkerudung pink bertutur kata halus tersebut. Setelah itu semua anak diajak untuk menggambar cita-cita atau profesi yang diinginkan di masa depan. Ada yang menggambar polisi, dokter, guru dan pilot. 

Di akhir acara, kakak-kakak dari GSSI membagikan hadiah menarik bagi mereka yang mau bercerita tentang cita-citanya di depan. Tidak lupa tentunya acara ditutup dengan berfoto bersama.