Belajar Cara Berpikir Sistem dari Change Agent Jepang

Riichiro Oda dari Change Agent of Japan memfasilitasi workshop 2 hari untuk Aplikasi Cara Berpikir Sistem untuk Perencanaan. Topik utama dari workshop ini adalah : Pola Dasar Sistem dan Mengkomunikasikan  Kompleksitas Sistem. Workshop ini adalah workshop ketiga yang difasilitasi oleh Riichiro Oda. Dua workshop sebelumnya adalah : Pengantar kepada Cara Berpikir Sistem (April 2008), Penggunaan Cara Berpikir Sistem dan Teori Difusi Inovasi untuk Strategi Penyebaran Biodigester (April 2009).


Sebagaimana workshop yang sudah terselenggara, workshop kali juga diikuti oleh staf KAIL dan YPBB, terutama mereka yang menggunakan cara berpikir sistem dalam pekerjaan mereka. YPBB dan KAIL memiliki sejarah panjang kerja kolaboratif dalam menggunakan cara berpikir sistem untuk perencanaan. Dua kegiatan utama yang telah dilakukan adalah: proyek biodigester di Lembang (sejak 2008) dan proyek pembangunan berkelanjutan di Papua (sejak 2009).

Riichiro Oda dan Junko Edahiro telah berkomitmen untuk datang ke Indonesia setiap tahun sebagai upaya mereka untuk kerja sukarela dalam pengimbangan karbon. Di samping tujuan pembelajarang pribadi mereka, mereka berharap kunjungan mereka ke Indonesia bisa berkontribusi kepada mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di negera ini.